Christian Community

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada memiliki sebuah komunitas...setujuu...??! ^^
Namun, akan jauh lebih menyenangkan dan berharga ketika memiliki sebuah komunitas yang didalamnya kita dapat bertumbuh menuju satu arah, yaitu menjadi serupa dengan Dia... =)

2 tahun sudah saya bersama adik-adik remaja ini dalam sebuah kelompok tumbuh bersama...Dari mulai saya berusaha mengenal mereka pribadi lepas pribadi, berusaha menyatukan kelompok ini, sampai akhirnya dengan berbagai kepribadian mereka yang berbeda, mereka bisa menyatu juga...semua hanya karena anugerah Tuhan... =)

Salah satu tradisi yang saya coba terapkan dalam kelompok ini adalah memberi surprise ketika ada seorang dari kelompok yang berulang tahun...ini adalah salah satu bentuk caring...Sebenernya banyak bentuk lainnya siih..hehehe...tapi menurut saya ini adalah salah satu cara untuk membentuk ikatan diantara mereka juga... =)
Di dunia yang sudah semakin menipis akan perhatian satu sama lain, saya mencoba untuk membiasakan mereka memperhatikan sekeliling mereka...Beberapa minggu kemarin, giliran saya mendapat surprise tersebut...jujur saja, ini adalah kali pertama saya mendapat kejutan dari mereka...hahahaha...
Rasanya? Seneng bangeeeettt dengan segala kreativitas mereka... =) Saya tidak bisa berhenti tersenyum sampai keesokan harinya...

Hari Minggu itu, saya sudah menjanjikan akan berkumpul untuk PA (Pendalaman Alkitab)...seperti biasa, selesai kebaktian, biasanya kami langsung masuk ke ruangan dan memanipulasi ruangan tersebut untuk PA..hahahaha...
Namun hari itu, ada yang aneh...salah satu adik PA saya, mengajak saya mengobrol, foto-foto, dan mengajak ke bawah untuk membeli makanan... *Hmm...sebenernya saya sudah mulai curiga...pasti ada sesuatu yang sedang mereka siapkan..hahahaa..tapi saya mencoba mengikuti alur permainan mereka..
Saya pergi kebawah, mendengarkan cerita dia, lalu mencoba mencari adik-adik yang lain dengan mencoba BBM...ternyata tidak dibalas.. -.-" saking udah terlalu lama, saya jalan menuju ke ruangan yang biasa kami pakai, tapi seorang adik yang lain mencegat dan mengajak saya ke luar untuk minum...hahahaha...Saya cuma bisa geleng-geleng dan menurutinya...
Sampai akhirnya saya diijinkan masuk ke ruangan tersebut...Pikiran saya saat itu, pasti ada sesuatu yang mereka siapkan...mungkin kue? Atau dekorasi? Atau apa gitu..?
Tapi ketika saya masuk.... *taaaraaaaa.... kosong seperti biasa... -.-"
Geer aja lo nda...hahahaha...yaaahh....memang saya sedikit berharap... =p

Okee...saya cepat-cepat menghapus pikiran berlebihan saya...Lalu setelah berkumpul dan membentuk lingkaran, saya mulai membuka dengan berkata bahwa kita akan membahas mengenai kisah Yosua...Karena biasanya saya yang berdoa, jadi saya melempar ke forum untuk memberikan kesempatan bagi mereka..."Siapa yang mau berdoa?"
Tanpa disangka, seorang adik yang sangaaaattt pendiam dan pemalu bilang, "Aku deh"
Saya sampai bengong...sedangkan yang lain bersorak, berteriak dan merasa itu juga sesuatu yang luar biasa... *tapi setelah tau belakangan, ternyata itu bagian dari yang mereka rencanakan...hahahaha.. -.-"
Namun, saat itu saya tidak tau apa-apa...
Setelah dia selesai berdoa, saya menyuruh mereka bergantian membaca dari Yosua 1....Sebelum mulai membaca, ada seorang adik yang tertawa tanpa sebab...dan menular ke yang lain...Saya sendiri yang bingung, sebenarnya ini ada apa sih...hahahaa...tapi akhirnya mereka membaca juga...Setelah itu, saya menyuruh mereka mempraktekkan metode BGA (Baca Gali Alkitab) yang diajarkan di Camp dengan membuat 3 kolom...Baru sampai kolom pertama, mereka semua tidak mau melanjutkan...Saya kembali dibuat bengong...Ada apa dengan mereka..?? hahahaha... >.<
Mereka langsung cepat-cepat mengumpulkan kertas ke saya dan bilang "Hari ini kita PA yang lain ajaaa kak", saya yang masih bingung menjawab "Terus ini gimana?", "Itu minggu depan ajaaa.."

Lalu salah seorang adik yang lain mengambil ODB (Our Daily Bread) dan membuka Topic Index di halaman terakhir...Disana biasanya tertulis Topic seperti God's Care, God's Love, Guidance, Holy Spirit, dll...
Lalu dia berkata "Mm...kita bahas apa niih kak...kakak lagi mau dibahas tentang apa...Oh..loneliness ajaaa..kakak kan lagi sendiri.."...Dalam hati langsung #jleeebb...dan menyangkal hal itu...hahahahaa... >.<
Lalu mereka menghitung sampai topik ke 21, yaitu God's help...
Salah satu adik tersebut membuka tanggal renungan dengan tema tersebut dan mulai membaca renungan tersebut...

Oke....saya masih mencoba mencerna apa yang sebenarnya terjadi...Saya masih duduk diam disana dan bertanya-tanya, "Ini serius mau diterusin?? Kalian beneran nih?"
Tapi mereka tetap berjalan membahas renungan tersebut...Adik tersebut membacakan dan men-translate untuk semua agar yang lain bisa mengerti...Setelah selesai, adik yang satu lagi berkata, "Nah, sekarang kakak cerita...oh, nggak, nggak...biasanya kakak gimana yaa waktu kita selesai baca perikop, oooh..gini, gini...mm...jadi apa yang kakak dapat dari pelajaran hari ini?"
Spontan saya ketawa ngakak melihat tingkah laku mereka... =))
Tapi dia menambahkan, "Kan biasanya kita yang cerita kaak...kakak kayak malaikat aja selama ini...Jadi sekarang gantian...kakak yang ceritaaa..."

Saya hanya tersenyum mendengar alasan mereka...dan menyadari  pada akhirnya bahwa mereka ingin menjadikan hari itu adalah hari saya...aaaaaa....so sweet... =)
Topik hari itu adalah tentang God's Help, dimana dalam renungan tersebut dijelaskan bahwa ada masa-masa gelap dalam kehidupan seseorang, namun pertolongan Tuhan pasti tidak terlambat...
Entah bagaimana, pada akhirnya saya harus jujur dan berani untuk mengungkapkan bahwa pembimbing yang selama ini mereka anggap sebagai malaikat, ternyata pernah mengalami masa-masa gelap juga...

Ketika mendengar cerita-cerita masa lalu saya, mereka penuh dengan komentar, "Waaahh...", "Terus kak...?", dan silent mengangguk-angguk... *biasanya mereka berisik...hahahaha...
Saya membahas mulai dari masalah keluarga, masalah hubungan dengan cowok, semua hal yang dilalui yang membuat saya semakin dekat dengan Tuhan...mengajarkan berbagai prinsip hidup kepada mereka...dan senang sekali ketika sharing saya sebelumnya bisa berdampak kepada salah satu adik saya...Pada hari itu dia bercerita tentang teman cowok di satu sekolah...ketika sedang pergi berlibur dan mau foto, cowok itu tiba-tiba merangkul adik saya...Spontan adik saya ingat akan cerita saya dan menegur cowok tersebut...
Mendengar hal itu, ada rasa yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata...
Apalagi ketika mendengar (di lain hari) bahwa ada salah satu adik remaja tersebut yang bilang ingin menjadi pembimbing karena terinspirasi oleh saya...Saya hanya bisa bengong kembali...apa yang sudah saya lakukan?
Yaaah...saya percaya ini bukan karena saya secara pribadi, tetapi Tuhan yang memakai saya untuk berbicara kepada mereka...dan saya sangat bersyukur sekali akan hal itu.. =)

Setelah saya selesai bercerita, mereka men-sharingkan juga apa yang pernah mereka alami. Saat itu, salah satu adik saya keluar ijin untuk telepon...Saat itu saya masih asik fokus dengan PA kali itu...dan tiba-tiba sajaa pintu terbuka dengan dia membawa kue yang dihiasi dengan lilin...mereka semua langsung bernyanyi...aaaaa....kembali tidak bisa berkata-kata... =)
Saat itu juga mereka langsung mengambil beberapa amplop yang ada di lemari dan menyuruh saya memilih satu per satu...Di amplop tersebut tertulis nama masing-masing anak...
Saya pikir itu adalah kartu ucapan...tapi ternyata tidak...hahahaha....mau tau apa isinya...? Ini diaaaaaa...


What a creative birthday present...!! Jadi dalam amplop dengan berbagai nama tersebut, berisi potongan-potongan kertas kecil, dan saya disuruh merangkai kertas-kertas tersebut...Setiap anak dengan potongan kertas tersebut harus melakukan apa yang tertulis disana...hahahaa...dibelakang kertas tersebut ada terms n condition-nya...ini diaaaa terms n condition-nyaa...dimana ujung-ujungnya mereka minta traktir juga...hahahaha... =))


Hahahahahaaa....lucuuuu kaaann hadiah dari merekaaa... =) i'm so blessed to have them as my little sisters in Christ...
Yaaah...hari itu dihabiskan dengan banyak tawa bersama mereka...merangkai potongan puzzle ini...dan tentunya menghabiskan kue yang ada... =) Bersyukur sekaliiii atas hari itu...mereka benar-benar berhasil membuat hari itu menjadi hari bagi saya...!! Hahahaa... ^^

Jika dilihat ke belakang, saya tidak pernah berpikir akan bisa membimbing dengan baik
Jika dilihat ke belakang, saya tidak tau apakah saya bisa menyatukan mereka dengan berbagai sifat yang berbeda
Namun...
Jika melihat saat ini, saya sungguh bersyukur kepada Tuhan atas mereka
Atas segala sifat dan kepribadian yang bertolak belakang tetapi saling melengkapi
Atas kepolosan dan kegaduhan yang dihadirkan mereka setiap saat
Dan tidak ada sukacita yang lebih besar ketika melihat mereka bertumbuh didalam Kristus...

Seperti yang Yohanes katakan kepada anak didiknya dalam 3 Yohanes 1 : 4, inilah juga yang menjadi sukacitaku Tuhan... =)

"Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran"

0 Responses